News  

Antisipasi HDB, Distan lakukan Penyemprotan

Petugas Distan lakukan penyemprotan fungisida pada tanaman padi yang terkena Penyakit kresek(idr)

.Indotrend.id-Hawar Daun Bakteri (HDB) atau penyakit kresek mulai menyerang puluhan rante tanaman padi di Desa Durian kecamatan Pantai Labu

Penyakit ini terlihat di dua tempat berbeda terjadi di dusun 8 Hutabagasan dan dusun Siborong-borong.

Dinas Pertanian Deli Serdang di bantu UPT pertanian Pantai Labu dan para PPL,Jum’at(10/2/2023),Langsung turun cepat mengantisipasi nya dengan melakukan penyemprotan Fungisida di areal yang terkena penyakit kresek, agar tidak merembet ke tanaman padi sekitar, Jumat (10/2/2023).

Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian Deli Serdang, Abdul Latif di dampingi UPT Pertanian Pantai Labu Ahmad Ghozali mengatakan sebelumnya Dinas pertanian Deli Serdang mendapat informasi ada tanaman padi di kecamatan Pantai Labu yang terkena Penyakit kresek atau Hawar Daun Bakteri (HDB).

Oleh karena itu kami segera turun melakukan penyemprotan Fungisida.

“Penyemprotan Ini dilakukan untuk mencegah agar tanaman padi di sekitar nya tidak terkena hama atau penyakit kresek,”ujarnya.

Hari ini lanjutnya, kami melakukan penyemprotan di dua tempat seluas 32 RantaiĀ  yang terkena Penyakit Kresek ini.penyemprotan ini di bantu papa PPL ,Warga dan pemilik lahan .

“Semoga penyemprotan ini dapat mengantisipasi agar tidak menjalar ke tempat lain sekaligus dapat mengobati tanaman padi yang terkena hama agar bisa panen nantinya,”pungkas Kabid (Idris)