News  

Kemenag Harus Terdepan Bangun Kerukunan dan Kedamaian

Indotrend.id.Lubuk Pakam .Kementerian Agama (Kemenag) bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat harus terdepan dalam membina dan membangun kerukunan dan kedamaian agar perjalanan serta tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) dapat dinikmati sebagai pesta demokrasi dalam pengertian yang sesungguhnya.

Untuk itu, semangat merawat kerukunan umat harus digelorakan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar ketika membacakan sambutan Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas pada Upacara Hari Amal Bakti (HAB) ke-77 Kemenag RI di Kantor Kemenag Deli Serdang, Selasa (3/1/2022).

“Kerukunan sangat fluktuatif dan dinamis. Kerukunan sering menguji kita, lebih-lebih menjelang Pemilu 2024. Sejatinya, kerukunan adalah prasyarat pembangunan nasional. Pembangunan membutuhkan stabilitas, dan stabilitas dapat terwujud bila antar masyarakat rukun dan damai,” ungkap Wabup.

Melalui peringatan HAB ke-77, diharapkan menjadi momentum untuk meningkatkan soliditas organisasi. Harus berada dalam satu barisan yang kuat, kokoh, dan terorganisir untuk Kementerian Agama yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kita diajak untuk mengenal, memahami dan meresapi atau bertanya kembali mengapa dan untuk apa Kementerian Agama yang dulu bernama Departemen Agama ini dilahirkan pada 1946? Lalu, kita sebagai generasi penerus Kementerian Agama, sudahkah melakukan pengabdian sebagaimana khittah kelahiran Kementerian Agama atau belum?” pungkas Wabup.

Pada peringatan HAB ke-77 tahun ini, seluruh ASN Kementerian Agama diajak untuk memperbaiki niat pengabdian dan pelayanan kepada umat. Menjadikan peringatan HAB ini sebagai penanda sejarah panjang pengabdian Kementerian Agama dalam melayani seluruh umat beragama di Indonesia.

Pada HAB ke-77 tahun 2023 ini, dicanangkan tagline Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat. “Tugas berat mesti ditunaikan oleh seluruh ASN Kementerian Agama,” sebut Wabup.

Ada pemandangan unik pada momen upacara tersebut. Seluruh ASN peserta upacara mengenakan pakaian adat nusantara.

Pada upacara itu juga dirangkai dengan dengan pemberian Satya Lencana Karya Satya 30 tahun kepada tiga orang; 20 tahun, 15 orang; dan 10 tahun, empat orang.

Hadir pula pada upacara tersebut, Kepala Kantor (Kakan) Kemenag Deli Serdang, H Haris Harahap MAP; Kadis Pendidikan, Yudi Hilmawan SE, Sekretaris Dinas Kominfostan, Safi’i Sihombing SIP MAP, serta instansi terkait dan undangan lainya.(Idris)