News  

Keluarga Buddhayana Indonesia dan Majelis Buddha Indonesia Gelar Baksos di Pantai labu

Indotrend.id.Pantai labu.Keluarga Buddhayana Indonesia (KBI) dan Majelis Buddha Indonesia (MBI) ,Sabtu(7/1/2023) mengelar Bakti sosial berupa membagikan 500 paket Sembako kepada warga kecamatan Pantai labu dan sekitar nya .

Bakti sosial yang mengambil tema Kenduri untuk persembahan Indonesia ini di laksanakan di Yayasan Purnama Satya Dharma Buddha Dusun II Desa Paluh sibaji kecamatan Pantai labu kabupaten Deli Serdang.

Hadir pada kegiatan Kenduri persembahan untuk Indonesia itu ,Sekretaris Desa Paluh sibaji ,Endah,Yayasan Wilwatikta Shripala Nusantara diwakili Bapak Budi, Pengurus Cabang MBI Deli Serdang diwakili Bapak Rudi Khoe,Ketua Pengurus Cabang MBI Pematang Siantar Bapak Tjonggah Ika
,Pengurus Daerah Propinsi Sumatera Utara diwakili Ibu Henny Wang, Sangha Agung Indonesia diwakili oleh Bhikkhu Viriya Dhammo, Yayasan purnana Satya Dharma Bun Hui serta Penyelenggara binmas Buddha kementrian agama kab DS.,Rames Khumar Sag Mpd.

Yayasan Wilwatika shripala ,Budi Lim dalam sambutan nya mengatakan ,Saya senang sekali punya kesempatan hadir dan berkontribusi secara langsung dengan masyarakat Pantai labu dan sekitarnya dalam rangka bakti sosial berupa pemberian barang-barang kebutuhan pokok kepada warga yang hadir di sini,katanya.

Saya mewakili Yayasan Wilwatika Shripala Nusantara sebagai penyelenggara bakti sosial hari ini bergerak dalam bidang pendidikan,sosial dan kemanusiaan yang berpusat di kota Bandung.

Dimana bertujuan untuk membangun generasi muda Nusantara yang berhati baik dan berkarakter kuat bagi masa depan bangsa,ujarnya.

Yayasan Wilwatika Shripala Nusantara juga mewadahi sebuah komunitas pembelajaran Buddha Dharma yang di namakan kadam chaling Indonesia (KCI) .

KCI Sendiri mendapat bimbingan Dharma dan Sangha monastik tradisi Vajrayana di mana pembimbing utamanya adalah YM Biksu Badra Rudi Mahastavira yang juga menjabat sebagai Anu Maha Nayaka Sangha Vajrayana Indonesia.

Adapun Bakti sosial ini merupakan sebuah rangkaian acara yang di namakan Kenduri Persembahan Untuk Indonesia .Kenduri yang lebih di kenal dengan istilah kenduren adalah tradisi dari Zaman Kerajaan di Nusantara untuk memohon berkah dan keselamatan di mana masyarakat bergotong royong untuk kebersamaan dan melatih kedermawanan,ujarnya.

Akhir kata kami mengucapkan terima kasih sebesar-besar nya kepada para donatur terutama kepada pihak Majelis Buddha Indonesia yang telah banyak membantu dalam hal penyaluran dana.

Kami juga mengucapkan terima kasih pada Yayasan purnana Satya Dharma yang di komandoi Bapak Bun Hui atas persiapan acara,pemakaian tempat dan sumber daya manusia,tutup nya.

Sementara itu Heni Wang menuturkan bahwa pembagian Bakti Sosial ini merupakan untuk membantu warga yang terdampak Covid.

Pada hari ini kita berbagi dengan masyarakat paluh sibaji yang mana sebelum nya pembagian telah kami lakukan di kota Jambi ,Bandung dan kota Medan.

Ada 1500 paket yang kami berikan ,di desa Paluh sibaji ini ada 500 paket sembako yang kami salurkan ,sebut Heni.

Bakti sosial merupakan siklus keseimbangan adanya donatur yang bersedia membantu dan para relawan yang setia membantu.

Kegiatan yang kita selenggarakan ini merupakan program rutin yang di adakan setahun penuh hingga akhir Desember 2023 ini,imbuh Heni Wang.

Harapan kami keluarga Buddhayana Indonesia dan MBI bisa terus membantu buat masyarakat banyak ,tutup Heni Wang.

Senada dengan itu ,Penyelenggara Bimas Buddha Kementrian Agama Kabupaten Deli Serdang ,Rames Khumar ,mengapresiasi apa yang di laksanakan KBI dan MBI dengan melaksanakan Bakti sosial berupa memberikan Sembako kepada warga.

Saya melihat pemberian ini tidak hanya kepada warga Buddha saja akan tetapi warga yang beragama lainnya pun mendapat bingkisan sembako ini,katanya.

Pemberian yang di lakukan Keluarga Buddhayana Indonesia dan Majelis Buddha Indonesia ini sangat cocok dengan ajaran Buddha ,oleh karena itu sangat cocok di teruskan agar banyak lagi masyarakat yang terbantu,papar Rames Khumar.(Idris)