Daerah  

Ini Pesan Bakri Siddiq kepada Pengurus PMI Banda Aceh yang Baru Dilantik

INDOTREND – Banda Aceh – Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq mengajak semua pihak untuk menjaga Palang Merah Indonesia (PMI) Banda Aceh agar tetap berada di garis perjuangan.

“Semoga semangat kemuliaan berdirinya PMI masih terawat dengan baik sampai dengan hari ini. Mari sama-sama kita menjaga organisasi kemanusiaan ini agar tetap pada garis perjuangannya,”

Ajakan tersebut disampaikan Bakri Siddiq pada acara pelantikan Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Kota Banda Aceh masa bakti 2022-2027 di Anjong Mon Mata, Selasa (27/12/2022). Prosesi pelantikan dipimpin dilakukan oleh Ketua PMI Provinsi Aceh Murdani Yusuf.

Kepengurusan PMI Kota Banda Aceh yang dilantik diketuai oleh Ahmad Haeqal Asri SKed MM yang terpilih melalui Musyawarah Kota Luar Biasa (Muskotlub) PMI Kota Banda Aceh di Hotel Rumoh PMI Banda Aceh 27 Oktober lalu.

Ia pun mengajak seluruh elemen sama-sama memberikan dukungan kepada kepengurusan baru PMI dalam melayani masyarakat dengan baik dan dapat meningkatkan program-program kemanusiaan yang bermanfaat bagi masyarakat kota dan Aceh secara umum.

“Saya berharap pengurus yang baru ini untuk dapat menjaga nama baik organisasi, dapat melakukan terobosan-terobosan baru di bidang sosial dan kemanusiaan,” pintanya.

Lanjut Bakri Siddiq, salah satu tugas dan fungsi PMI adalah terkait dengan pelayanan donor darah dan memastikan ketersediaan darah bagi masyarakat. “Ini merupakan suatu tugas yang sangat krusial yang tidak bisa dipandang sebelah mata demi keselamatan banyak nyawa masyarakat,” ujarnya.

Karenanya, kegiatan donor darah tidak hanya berguna bagi ketersediaan stok darah saja, melainkan juga sebagai upaya menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan merutinkan donor darah setiap enam bulan sekali.

Ia pun mengimbau seluruh masyarakat Kota Banda Aceh untuk pro-aktif berpartisipasi dalam kegiatan donor darah bersama PMI.

Ia memastikan, Pemko siap menjadi partner yang baik dalam setiap kegiatan kemanusiaan PMI dalam memberikan pelayanan kemanusiaan kepada warga kota dan memastikan setiap program-progam kemanusiaan di Kota Banda Aceh berjalan sesuai dengan harapan masyarakat.

“Pemerintah dan PMI siap melayani masyarakat dengan semangat Ureung Aceh Meutaloe Wareh, Gaseh Meugaseh, Bila Meubila,” ujarnya mengakhiri sambutan.

Sementara itu, Ketua PMI yang baru dilantik Ahmad Haeqal Asri dalam mengatakan, pelantikan kepengurusan PMI mengangkat tema kolaborasi yang berarti keterlibatan para pihak untuk bekerja sama dalam kemanusiaan.

“Kolaborasi yang berarti satu dan lainnya saling terkait bahu membahu, baik dengan Pemko maupun Pemerintah Aceh untuk kemanusiaan,” ujar Haekal.

Ia juga menyampaikan, PMI Banda Aceh bertekad untuk meningkatkan kualitas pelayanan, bukan hanya untuk Kota Banda Aceh tapi untuk seluruh Aceh.

Usai pelantikan, Pj Wali Kota menyerahkan bantuan mobil operasional donor darah untuk organisasi tersebut yang ditandai dengan penandatangan MoU antara Pj Wali Kota dengan Ketua PMI Kota Banda Aceh Ahmad Haeqal Asri.

Selain itu, PMI juga menerima bantuan 1 unit mobil Ambulance dari bantuan Bank Aceh Syariah. []