News  

IGDT Wadah Pembinaan dan Peningkatan Kualitas Guru

Indotrend.id. Tanjung morawa.Ikatan Guru Diniyah Takmiliyah (IGDT) merupakan wadah pembinaan dan peningkatan kualitas guru diniyah takmiliyah, agar memiliki profesionalitas untuk membangun landasan bagi berkembangnya potensi anak didik.

Sehingga, kelak menjadi generasi yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, cakap, kreatif, Inovatif, percaya diri serta menjadi generasi yang berguna agama dan bangsa.

“Namun, tugas tersebut bukanlah hal mudah, terlebih dalam menghadapi tantangan membangun identitas dan karakter peserta didik saat ini. Karenanya kepada seluruh guru yang tergabung dalam Ikatan Guru Diniyah Takmiliyah di Kabupaten Deli Serdang harus memaknai peringatan Hari Lahir (Harlah) IGDT yang ke-12 ini,” kata Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang,.HM Ali Yusuf Siregar dalam sambutannya di acara Harlah IGDT ke-13 Kabupaten Deli Serdang di Wisma Tanjung Indah, Jalan Dahlan Tanjung Morawa, Kecamatan Tanjung Morawa, Kamis (29/12/2022).

Harlah tersebut, sambung Wabup, juga merupakan sebuah kesempatan untuk merefleksikan ulang atas apa yang telah dilakukan.

“Jahit dan rajutlah segala yang harus dilaksanakan ke depan, sehingga IGDT bisa semakin berperan dalam kemandirian dan kemajuan dalam dunia yang penuh perubahan di era disrupsi, serta semakin diwarnai dengan ilmu pengetahuan dan teknologi,” tambah Wabup.

Wabup berharap dengan peringatan Harlah tersebut, IGDT bisa semakin matang dalam memberi suri tauladan, motivasi dan pelopor, serta mempererat tali persaudaraan dan kekeluargaan antara sesama guru.

Dan nantinya akan bermuara pada peningkatan efektivitas guru dalam mendukung kesuksesan program pendidikan di masa depan demi terwujudnya pendidikan berkualitas dan Islami.

“Semoga dengan bertambahnya usia IGDT akan terus memperbaharui semangat guru dalam memberi pengabdian terbaik demi terwujudnya generasi penerus bangsa yang berkualitas, cerdas dan berakhlak mulia,” harap Wabup.

Sementara itu, anggota DPRD Deli Serdang, Imran Obos SE menyampaikan IGDT memiliki tugas mulia dalam mewujudkan masyarakat yang religius dengan membangun nilai-nilai moral dan spiritual generasi muda penerus bangsa.

Dalam menghadapi era globalisasi, dihadapkan pada tuntutan kebutuhan pendidikan keagamaan, khususnya bagi anak-anak usia dini. Terlebih pengenalan terhadap Al-Quran.

“Kami berharap IGDT dapat memperkokoh jalinan silaturahmi antar diniyah takmiliyah secara nasional dan memperkuat basis diniyah di masyarakat,” sebutnya.

Selain itu, lanjut Obos, IGDT diharapkan bisa membangun generasi Islam yang lebih baik dan mampu membentuk sikap mental tangguh serta melahirkan generasi Qur’ani yang memiliki kejujuran serta bersinergi dengan pemerintah, elemen masyarakat, tokoh agama dan lainnya.

Turut hadir, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Deli Serdang, H Timur Tumanggor SSos MAP; anggota DPRD Deli Serdang, Hj Saadah Lubis, Misnan Al Jawi SH MH, H Rahmadsyah SH, Dra Hj Wastiani Harahap; Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Deli Serdang, Drs.Zainal Abidin Hutagalung; Kepala Dinas Pendidikan, Yudy Hilmawan SE MM; Kepala Dinas Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi, Mukti Ali Harahap SAg MSi; Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Deli Serdang, Drs H Abdul Haris Harahap MAP; Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Drs Syahrul MPd; Camat Tanjung Morawa, Ismail SSTP MSP; Ketua FKDM Deli Serdang, Soelarno; Ketua IGDT Deli Serdang, H Khairul Anwar MA; Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Tanjung Morawa, Dr Kamaluddin MA; Ketua Panitia Pelaksana Harlah ke-12 IGDT Deli Serdang, Ruben Purba SI; para guru Diniyah Takmiliyah se-Deli Serdang.(Idris)