News  

Bupati Aceh Tamiang Tanam Kakao

Indotrend.Id, Karang Baru l Bupati Aceh Tamiang Mursil, SH,M.Kn menghadiri Duek Pakat Kakao Aceh IX bertempat di kebun petani kakao Desa Bundar, Rabu (24/8/2022).

Dalam sambutannya Bupati Mursil mengucapkan selamat kepada pengurus Kakao Aceh Tamiang yang baru dilantik. Ia berharap organisasi ini tidak hanya sebagai lambang saja dan kemudian menghilang tidak ada memberikan kontribusi apapun. , Namun organisasi ini harus maju dan berkembang di tengah-tengah masyarakat khususnya memajukan petani kakao.

“Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa budidaya kakao ini harus mendapat perhatian khusus. Maka dari itu, mari bersama-sama kita mencari langkah teknis untuk meningkatkan produksi kakao. Terlebih lagi saat ini, tanaman kakao di Aceh Tamiang banyak yang harus dilakukan peremajaan kembali. Semoga dengan pertemuan ini bisa membangkitkan kejayaan coklat di Aceh khususnya Aceh Tamiang dan semua itu tergantung dari niat dan kesungguhan petaninya,” harapnya.

Sebelumnya dalam sambutan Ketua Forum Kakao Aceh Ir. T. Iskandar mengucapkan terima kasih kepada Bupati Aceh Tamiang yang sangat menggaungkan peningkatan produksi kakao di Aceh Tamiang.

Dikatakannya, pertemuan hari ini selain bertujuan untuk konsolidasi, juga akan dilaksanakan pengukuhan Forum Kakao Aceh Tamiang.

“Saat ini persoalan kakao di Aceh ialah pohonnya sudah berumur 20 tahun, di mana secara akademis Kakao yang sehat umurnya 16 tahun dan setelah itu sudah harus direhab atau replanting. Tentunya menjadi harapan kita bersama bagaimana saat ini menggerakkan kembali kopi Gayo dan kakao yang saat ini produktifitasnya rendah kembali meningkat,” pungkasnya.