News  

Hewan Ternak di Aceh Tamiang Sembuh dari Wabah PMK

Indotrend. Id, Kualasimpang l Penanganan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang tengah melanda hewan ternak sapi dilakukan secara nasional. Kamis, (7/7/2022) digelar rapat bersama Ketua bidang penanganan PMK, Deputi IV BNPB, Jarwansyah.

Rapat tersebut diikuti Sekretaris Daerah Aceh Tamiang, Drs. Asra dari ruang rapat kantor bupati.

Ketua Bidang Penanganan PMK, Jarwansyah, menyampaikan hasil rapat koordinasi nasional PMK yang dilaksanakan pada 29 Juni 2022. Rapat ini membahas tindakan pencegahan, penanganan, pembinaan dan pendukung terhadap wabah PMK yang melanda.

Pada kesempatan ini, Kepala Distanbunnak Aceh Tamiang, Safuan menyampaikan bahwa Pemkab Aceh Tamiang telah melakukan beberapa langkah terkait pencegahan dan penanganan wabah PMK. Di antaranya menutup pasar hewan, melakukan pendataan dan sosialisasi penanganan dari pintu ke pintu, melakukan tindakan medis dan membuat posko di Perbatasan Aceh – Sumut serta menutup jalur transaksi perdagangan ternak.

“Kami selaku satgas, selain melakukan tindakan medis pemberian vaksin, juga mensosialisasikan pemberian obat tradisional (jamu) kepada peternak,” ungkapnya.

Terkait jalur perbatasan, Safuan menyebut, dari awal wabah ini melanda, Pemkab bersama Kapolres dan Dandim Aceh Tamiang telah menutup akses transaksi jual beli hewan ternak antar Kabupaten/Kota bahkan Provinsi.

“Kami juga telah membangun 4 posko di daerah yang terpapar wabah PMK dengan menempatkan dokter hewan dan mantri ternak di setiap posko,” tambahnya.