Daerah  

Polisi Diminta Razia Petasan di Banda Aceh

Anggota DPRK Banda Aceh Ismawardi
Anggota DPRK Banda Aceh Ismawardi

Indotrend.id, Menjelang hari raya idul Fitri 1443 H, Anggota DPRK Banda Aceh Ismawardi meminta aparat penegak hukum di Kota Banda Aceh untuk melakukan razia petasan / mercon selama menjelang Idul Fitri 1442 Hijriah.

“Kita meminta Satpol PP, pihak berwajib dan instansi terkait lainnya untuk melakukan razia dan penertiban petasan agar tidak beredar di masyarakat, karena suara perasan itu mengganggu kenyamanan masyarakat,” kata Ismawardi, Minggu(1/5/2022)

Demi kenyamanan dan ketertiban dihari yang Fitri, Ismawardi berharap peredaran petasan yang sering terjadi saat hari Raya Idul Fitri dapat diatasi pihak berwajib di Banda Aceh, agar nantinya tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, misalnya kebakaran dan sebagainya.

“Petasan juga dapat menyebabkan marabahaya seperti ada masyarakat yang terluka akibat ledakannya, atau mungkin juga dapat menyebabkan kebakaran,” kata Anggot Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPR Kota Banda Aceh

Karenanya, Wakil Ketua Komisi III itu juga mengimbau dan meminta aparat keamanan dapat meminimalkan peredaran mainan berbahaya tersebut .

“Diperlukan tindakan tegas terhadap oknum-oknum penjual petasan, dan menyita dagangannya tersebut, karena dikhawatirkan semakin marak anak-anak membunyikan petasan yang bisa menelan korban,” tutur Ismawardi lagi.
Selain itu, bunyi petasan juga mengganggu masyarakat yang sedang melaksanakan ibadah shalat malam atau kegiatan membaca Alquran dan ibadah lainnya.

“Jangan sampai setelah jatuh korban baru dirazia, karena itu kita Minta Polisi dan atau Satpol PP WH harus melakukan razia perdagangan petasan,” katanya.

Ia juga meminta kepada aparat kepolisian untuk melakukan razia di gampong-gampong agar petasan ini tidak mengganggu kenyamanan masyarakat atau bahkan terjadi hal-hal yang tidak dinginkan lainnya[]